Aturan Covid-19 Dilonggarkan, Korea Selatan Siap Menyambut Turis

Aktivitas masyarakat Korea Selatan sudah kembali normal setelah dua tahun pandemi Covid-19. Laporan Tempo dari Seoul, Korea Selatan, pasar dan tempat wisata sudah berdenyut kembali oleh warga lokal dan turis asing.

Di kawasan perbelanjaan Myeong-dong, toko-toko sudah banyak yang beroperasi kembali. Setiap lorong jalan di area itu, mulai dipenuhi warga lokal, namun belum banyak turis manca negara yang tampak di sana. Myeong-dong terkenal dikalangan para turis asing sebagai kawasan berbelanja.

Untuk menarik pembeli, sejumlah toko menawarkan diskon. Ada pula segelintir gerai yang kosong ditinggalkan penyewa.

“Cabang toko kosmetik kami di sini (Myeong-dong) tinggal tersisa satu. Covid-19 telah membuat usaha satu persatu gulung tikar,” kata seorang pramuniaga kosmetik di Myeong-dong, Senin, 6 Juni 2022.

Di area pasar nam dae mun, yang tak jauh dari Myeong-dong, warga lokal memadati pasar. Barisan para pedagang kaki lima, yang membuka lapak di tengah jalan, membuat sisi kiri dan kanan jalan dipadati pengunjung.   

Tak ada social distancing. Namun warga tertib menggunakan masker.

Di area persimpangan di tengah pasar nam dea mun, tampak dua petugas dari Dinas Pariwisata berseragam merah. Mereka bertugas membantu turis lokal dan mancanegara asing yang tersesat di pasar itu.

Di area Myeong-dong, petugas Dinas Pariwisata ini, juga tampak bertugas sejumlah persimpangan di kawasan tersebut. Kondisi ini secara tak langsung menggambarkan kesiapan Korea Selatan menjalani new normal dan menyambut turis asing.

Keramaian juga terjadi di kawasan kuliner pasar Gwangjang, Seoul. Warga duduk nyaris berdempetan di kios-kios makanan. Tak ada jaga jarak, namun di setiap persimpangan dan gerbang masuk, disediakan cairan pembersih tangan.

Di transportasi umum seperti bus, warga diingatkan lewat mesin otomatis agar tetap menggunakan masker. Bus mengangkut penumpang tanpa pembatasan jumlah penumpang.        

Situs koreatimes.co.kr pada 6 Juni 2022, mewartakan kasus Covid-19 di Negeri Gingeng turun dengan tajam menjadi sekitar 5 ribu kasus karena lebih sedikit warga yang melakukan tes Covid-19 selama akhir pekan.

Badan Korea Disease Control and Prevention Agency (KDCA) melaporkan ada 5.022 kasus positif Covid-19. Dari jumlah itu, ada 17 kasus Covid-19 yang dialami oleh warga yang baru pulang dari luar negeri. Dengan begitu, total kasus Covid-19 di Korea Selatan sebanyak 18.168.708.

Kasus harian Covid-19 di Korea Selatan sudah mengalami penurunan, dari yang sebelumnya 9.835 kasus dalam sehari. Kasus harian infeksi virus corona memperlihatkan tren menurun sejak pertengahan Maret 2022.

Related Posts

Anak Ridwan Kamil Hilang, CCTV di Sungai Aare Diminta Diperbanyak

Sejumlah masukan telah disampaikan ke otoritas Kota Bern, Swiss, setelah anak Ridwan Kamil hilang. Ridwan adalah Gubernur Jawa Barat yang kehilangan putranya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang hanyut di Sungai Aare. Ridwan disebut menyampaikan…

PM Australia Cerita ke Jokowi Menterinya Berusaha Belajar Bahasa Indonesia

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese bercerita kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal beberapa menterinya yang hari ini telah belajar bahasa Indonesia. Di antara seperti Menteri Energi dan…

Kementerian Perdagangan Amerika Gandeng Indonesia Kerja Sama Energi Bersih

 Kementerian Perdagangan Amerika Serikat memimpin delegasi perwakilan bisnis Amerika Serikat (AS) yang akan menjajaki peluang kerja sama dan kolaborasi baru di pasar Indonesia. Hal ini bagian dari misi…

Menhub Optimistis Pelabuhan Sanur Bali Bisa Beroperasi September 2022

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Pelabuhan Sanur bakal beroperasi pada September tahun ini untuk menyambut KTT G20 di Bali pada Oktober 2022. Menhub mengatakan target rampung…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *